Header AD

Daya Pikat Seorang Perempuan

 


Oleh Rizky MS


75 tahun bangsa sudah merdeka namun perbudakan dan penjajahan perempuan terhadap laki-laki masih merajalela. Pengaruh perempuan serupa dengan pengaruh harta dan jabatan. Seorang perempuan bisa menaklukan seorang ahli fikir, supaya pikirannya tumpul, seorang perempuan juga mampu merusak nama baik seorang pemimpin. Di sisi lain wajah perempuan kadang-kadang diakui mampu menjelma menjadi inspirasi, sebaliknya ketika semuanya sudah tertuju dan seorang laki-laki masuk ke dalam duri-duri aniaya khianat, masuk ruang kekuasaan perempuan alamat lenyap sudah inpirasi itu tumpul bahkan hilang.


Banyak sudah pengkhianatan perempuan mampu mematahkan siku pergerakan seorang lelaki, banyak sudah kekejaman dusta seorang perempuan mampu meracuni jiwa seorang laki-laki, hingga gelap fikrian, mati langkah, bahkan sakit jiwa meradang menghilangkan kerhormatan laki-laki, dipikul bahu rasakan runtuh, dijunjung kepala rasakan pecah.


Seorang penulis roman Gustave Flaubert menyatakan, “Kecantikan perempuan adalah musuh yang paling besar dari kemerdekaan seorang laki-laki. Laki-laki yang tidak berhati-hati tentu akan terancam kemerdekaannya. Ketika kemerdekaannya musnah hilanglah mahkota kehormatan seorang laki-laki”. Buya Hamka pun mengingatkan seorang laki-laki tidak boleh lupa tabiat perempuan ialah egoistis, perempuan lebih mementingkan keperluan dirinya. Ia mempergunakan laki-laki menjadi tangganya untuk meraih maksudnya. Ia hendak menjadikan laki-laki sebagai benteng nama baiknya dari asumsi negatif orang lain, ia hendak menenggelamkan hati laki-laki dan akalnya ke dalam pelukannya.


Refleksi semua yang telah dipaparkan merupakan bentuk sebab ketidakmerdekaan seorang laki-laki itu disebabkan dengan cara yang salah. Sebaliknya perempuan akan menjadi daya sokong kemerdekaan, daya inspirasi, keteguhan seorang lelaki mengemukakan pendapat, jika itu dilalui dengan jalan yang sesuai syariat, salah satunya melalui jalur pernikahan, tentunya keduanya saling mencintai dengan tulus dan memiliki kecocokan visi misi satu dengan yang lainnya. Banyak goresan tinta mengenai perempuan sebagai daya sokong kehebatan seorang laki-laki, ada ibunda Khadijah menjadi salah satu penyokong dakwah Nabi bahkan diakhir hayatnya ia menyatakan kerelaan tulang-tulangnya dijadikan jembatan untuk dakwah Nabi. Timbulah teladan juga seperti Zainab, istri Abdullah bin Mas’ud. Umu Sulaim, istri Thalhah, mereka menolong, membela, bahkan juga memimpin suami di saat yang sangat genting dan tetap menjaga kehormatan suami.


Tidak mesti semua perempuan menjadi penjajah kemerdekaan bagi seorang laki-laki, jika seorang lelaki pandai memilah-memilih perempuan, dituntutnya seorang laki-laki memilih pasangan dengan mengutamakan agamanya, kecantikannya, ahlaknya, iffahnya, dan muruahnya.  Carilah perempuan bukan nampak dari tumpukan jilbabnya, lebih tepatnya carilah perempuan dari seberapa keseriusan ia menuntut ilmu dan seberapa kecintaan dan ketakutan ia kepada Rabb-nya.  Sejatinya setiap yang baik akan dijumpakan dengan yang baik pula, seindah firman Allah Swt:

الْخَبِيثاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثاتِ وَالطَّيِّباتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّباتِ أُولئِكَ مُبَرَّؤُنَ مِمَّا يَقُولُونَ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).


Tak perlu takut menjadi sendiri dalam perjuangan. Sejatinya Allah Swt. telah tetapkan satu nama dalam Lauh Mahfuz-Nya. Jadilah berani dan kuat. Karena lelaki yang teguh pendirian dan maju ke depan sebagian tumbuh dari hati yang pernah patah. 


Daya Pikat Seorang Perempuan Daya Pikat Seorang Perempuan Reviewed by Ahsanulqurun on October 09, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads