Header AD

Apa Kabar Para Penuntut Ilmu


Oleh : Nadiyah Jihani 

Terlalu banyak waktu yang terlewati, tanpa kita sadari kesempatan untuk belajar terus berteriak meminta haknya dipenuhi. Terlalu lama diri ini menyombongkan diri lantaran keilmuan yang dianggapnya tinggi padahal sering kali kosong dalam mengkaji ayat-ayat sang ilahi. Terlalu lama kita bermimpi untuk segera mewujudkan generasi cinta literasi yang nyatanya tak kunjung mencoba untuk mengawali. Lalu bagaimana akhir dari segala kehilafan ini? Yang justru kerap kali bersemayam pada hati para tholabul ilmi hingga menjadi penyakit mematikan bagi diri sendiri.
Bukankah keinginan untuk menyelesaikan pendidikan sangat diutamakan? Hingga terkadang kita lupa akan tujuan awal yang sering dibanggakan. Seringkali kita tergelincir pada niat yang tak semestinya terbersit dalam hati namun menjadi sebuah sampingan yang menjadikan semua usaha berpindah arah padanya. Mungkin terjadi memang secara kebetulan hingga kita terbiasa dan malah tak kuasa jika tanpanya. Sayangnya semua ketergelinciran niat yang salah tidak akan membuahkan hasil yang baik, justru akan menjadi sebuah malapetaka yang dapat menghancurkan di tengah prosesnya. Ketika semua telah terjadi, akan banyak kekecewaan yang mulai timbul. Bahkan sering kali terpikir untuk mundur dan berbalik arah. Tapi wahai para penuntut ilmu! Sadarkah kita apa itu tujuan utama?
Setelah semua terjadi dengan segala konsekuensinya maka segeralah kembali pada tujuan awal. Arahkan kemudi di jalur yang benar, hingga kita tak akan terus tersesat pada niat yang salah. Bukankah banyak orang yang menanti kepulanganmu? Maka segeralah selesaikan amanahmu sebagai pelajar. Berbahagialah karena semua ini akan menghasilkan balasan yang baik bagimu.
Wahai para penuntut ilmu! Apa kabar tumpukan buku yang belum sempat kau baca? Apa kabar kesempatan waktu yang terus terbuang? Apa kabar nasihat gurumu yang selalu kau jadikan kekuatan? Juga harapan dan doa yang orang tuamu terus panjatkan? Dan masihkan niatmu lurus terbentang untuk segera pulang? Ayolah wahai para penuntut ilmu, luruskan kembali niatmu, tunjukan bahwa kekuatan ilmu dapat menerangi setiap langkahmu, buktikan keistimewaan ilmu dapat meninggikan derajatmu, kerahkan seluruh semangatmu agar orang lain ikut terbantu akan segala usahamu, terakhir tetap ingatlah bahwa keilmuanmu tak akan sedikitpun membuatmu terbelenggu akan kedudukan yang baru, karena kondisi akhir perpulanganmu tetap bagaimana yang tertera dalam hatimu.
Wahai para penuntut ilmu! Janganlah kalian menjadikan masa belajar kalian sebagai ajang penantian, apapun bentuk penantian itu. Karena masa belajar kalian lebih berharga dari pada memokuskan diri pada tujuan lain. Hasil usaha belajar kalian lebih mulia dari pada tujuan penantian. Pekerjaan, percintaan dan kedudukan akan mengalir dengan sendirinya sesuai garis takdir, maka tak perlu risau dengan semua itu. Bukankah ketentuan Allah jelas yang terbaik bagi kita dari pada apa yang kita impikan? Bersegeralah wahai para penuntut ilmu untuk meluruskan kembali niat. Karena tergelincirnya niat akan menjadi sebab ketergelincirannya amal, dan tergelincirnya amal akan menjadi sebab hilangnya seluruh perjuangan.

Apa Kabar Para Penuntut Ilmu Apa Kabar Para Penuntut Ilmu Reviewed by Ahsanulqurun on February 02, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads