Header AD

Tolok Ukur Perjuangan Muslim



Oleh : Arif  Hidayatullah 
Muslim dituntut untuk senantiasa memperjuangkan Islam agamanya, untuk memenangkan Islam atas agama-agama yang lain. Pada hakikatnya seorang muslim berkewajiban untuk berdakwah, menyeru, mengajak manusia untuk menyembah Allah saja. Banyak cara yang bisa kita pilih. Baik berdakwah dengan ucapan ataupun berdakwah dengan tingkah laku (ahklaq). Kata dakwah sangatlah mudah untuk diucapkan dan untuk memulai pun tidak terlalu sulit. Pertanyaan mendasarnya, kenapa banyak orang muslim yang berguguran di jalan dakwah? Ada apa dengan jalan dakwah? Tentu setelahnya melangkah untuk berdakwah lama kelamaan ujian akan terus berdatangan dan bergantian. Mulai dari penolakan, caci-makian, pengasingan dari orang dekat yang menolak dakwah kita, pengasingan dari masyarakat, dan lainnya.

Katakanlah muslim sejati tidak akan pernah menyerah ataupun berhenti untuk terus mendakwahkan Islam. Bagaimana tidak, hadiah yang akan Allah berikan adalah kenikmatan haqiqi, kenikmatan selamanya dan kenikmatan yang tak akan pernah terbayangkan yaitu RIDHO ALLAH & SYURGA. Kita umat akhir zaman ini tetap akan merasakan apa yang orang terdahulu rasakan. Bagaimana gigihnya perjuangan para nabi dan para sahabat mendakwahkan Islam sampai Islam bisa kita rasakan, bisa kita nikmati. Tentu mereka juga merasakan penolakan, cacian, diasingkan bahkan mereka merasakan kerasnya siksaan musuh-musuh Islam ketika menyebarkan dakwah ini. Jalan dakwah ini akan sama seperti yang dialami orang terdahulu. Bisa dibilang inilah ujian cinta seorang muslim. Kenapa? Karena orang yang benar-benar cinta terhadap Islam akan sanggup melewati ujian tersebut. Jika lulus dan tetap di jalan Islam Allah akan memberikan cintanya kepada kita.

Allah berfirman dalam qur’an surat Al-baqaroh (2) : 214
Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.
Syurga adalah tempat orang-orang yang Allah cintai dan Allah ridhoi. Dalam ayat ini, untuk bisa masuk syurga kita harus melewati ujian kesengsaraan dan berbagai macam cobaan. Macam-macam cobaan tadilah yang telah dialami orang terdahulu. Renungan bagi kita para pejuang Islam, sudah sejauh manakah perjuangan kita? sudah memperjuangkan Islam sampai mana? Sudah pantaskah kita masuk syurga?

Ingatlah, bahwa kita memperjuangkan Islam itu dengan berjamaah. Jadi jangan sampai kita menyerah atau mundur ke belakang. Jika lelah ataupun merasa diasingkan bahkan merasa tidak ada teman yang membantu. Ingatlah sahabat-sahabat seperjuangan kita dan ingatlah bahwa pertolongan Allah itu dekat.

Tolok Ukur Perjuangan Muslim Tolok Ukur Perjuangan Muslim Reviewed by Ahsanulqurun on January 31, 2020 Rating: 5

1 comment

Post AD

home ads