Header AD

Soerat Untuk Kaum Muda


Oleh Rizky MS

** 
“Nak… dimanapun kamu ditanam, kamu harus siap berkembang, masyarakat akan bangga bukan sebab gelar sarjana, akan tetapi sebab bahasa ahlaq, dan pengabdianmu terhadapat masyarakat.” Begitu ujarnya di penguhujung perpisahan malam itu. Lekat terdengar tak dapat terlupa. Sepanjang perjalanan menuju Solo pesan itu yang selalu saya ingat. Kata-kata yang selalu saya dekap seakan saya tidak berpisah dengan mereka. Sama halnya dengan kecupan pipi satu tahun sekali dari ibu dan ayah, pelukan hangat itu berbalut bisikan kata-kata pelipur lara.
Dari ucapan itu membuat saya sadar bahwa sekolah itu bukan untuk diakui warga Negara Indonesia atau menjadi pegawai negri yang baik, namun untuk memunculkan saya menjadi manusia yang paripurna, yang mengabdikan diri dengan kualitas dan kompetensi untuk berilmu amaliah dan beramal ilmiah, mengamalkan pengetahuan kepada masyarakat dengan bahasa dan akhlaq, apalagi kepada orang tua baik ibu dan ayah maupun kaum tua pada umumnya.
Di soerat kedua ini saya tuliskan untuk kaum muda, mengajak kakanda semua untuk senantiasa menjadi seorang pemuda yang gagah perkasa, menjadi seorang pemuda yang budiman, seorang yang panjang pikiran, seorang yang berjiwa besar yang pandai cakap memahami keadaan.
Kita harus merasakan dan menginsafi pertukaran zaman sebab mestilah terjadi pertikaan di antara paham kaum muda dan paham kaum tua. Paham untuk menghendaki maju perlahan bahkan stagnan dan paham kaum muda yang menghendaki kecepatan kearah kemajuan. Dalam keadaan ini kaum muda sekali-kali tidak boleh mengecewakan hati kaum tua, walaupun tidak sependirian lantaran beda paham yang berbenturan. Jangan dia dilawan dengan dikerasi, dalam perkara ini kaum mudalah yang mesti pandai bertenggang rasa. Jangan mentang-mentang kaum tua masih berpikir kuno dan hendak mengukur zaman baru dengan dengan kaca mata Sembilan puluh tahun yang lalu. Sehingga Mereka disingkirkan ke tepi bahkan dicaci dimaki.
Hendaklah kita kaum muda menghormati mereka, cari jalan dan usaha supaya mereka mengerti. Dan jikalau dengan cara itu mengecewakan juga, bergaulah dengan mereka sebaik-baiknya.

Salam Ukhuwah.



Soerat Untuk Kaum Muda Soerat Untuk Kaum Muda Reviewed by Ahsanulqurun on January 15, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads